Untuk sukses bertanam secara hidroponik tentu saja anda harus menyiapkan beberapa peralatan untuk kesuksesan dalam berhidroponik, Jika anda masih memulai anda bisa membeli peralatan sesuai kebutuhan anda dalam belajar menanam secara hidroponik. Harga juga macam2 sesuaikan dengan kantong anda juga. Bagi pemula yang baru memulai jika masih bingung dan ragu memulai ada baiknya anda membeli starter kit hidroponik. Anda bisa langsung memulai karena dalam starterkit biasanya sudah lengkap. Klik link berikut www.pertanianorganik.net jika anda berminat untuk melihat starter kit wick system.

Peralatan apa saja sih yang diperlukan untuk menanam tanaman secara hidroponik??

Alat ukur ( PH meter, TDS meter , EC meter ) untuk TDS atau EC bisa salah satunya, adalagi alat ukur seperti alat ukur kadar oksigen, alat ukur suhu dan alat ukur kelembapan. Pentingkah alat ukur ini? Tentu saja penting karena tanaman bisa tumbuh optimal ketika tanaman pada kondisi yang optimal untuk pertumbuhannya ( Ph ,EC , suhu optimal ).

PH Meter

ph_meter

EC Meter

ec-meter

 

TDS Meter

tds_meter2

 

Setiap jenis tanaman dan setiap tahapan pertumbuhan tanaman memerlukan larutan konsentrasi nutrisi yang berbeda pula, supaya tanaman bisa tumbuh optimal. Nah untuk mengukur partikel terlarut misalnya memerlukan TDS untuk mengukurnya, sedangkan untuk rentang PH pada larutan nutrisi tentu saja memerlukan PH meter untuk mengukur ph larutan. Walaupun tanaman memiliki tingkat adaptasi lingkungan yang baik namun jika lingkungan mikro ini bisa kita kondisikan semaksimal mungkin tentu saja tanaman akan tumbuh lebih optimal.

kami di sini
28

Leave a Reply

Your email address will not be published.