Alat ukur dalam hidroponik

Alat ukur dalam hidroponik

Ada satu pertanyaan yang masuk melalui whatsapp messenger, “Saya seorang pemula, katanya dalam hidroponik dibutuhkan alat ukur untuk melihat kondisi tanaman hidroponik? apa saja alat ukurnya? Apakah wajib punya alat ukur tersebut?”. Satu pertanyaan, tetapi mengandung 3 pertanyaan sekaligus. Baiklah, mari kita bahas satu per satu.

Pertama, Apakah dibutuhkan alat ukur? Jawabannya IYA. Alat ukur ini digunakan untuk memantau kualitas air, karena hidroponik hanya menggunakan air dalam menumbuhkan tanaman, maka kualitas air harus dipantau agar pertumbuhan tanaman menjadi optimal.

Kedua, Apa saja alat ukurnya? Untuk mengetahui kualitas air, terutama ph nya, dibutuhkan ph meter. Ada ph meter yang simple sampai ph meter yang real time. Semuanya fungsinya sama, yaitu untuk melihat ph air. Jika ph air nya terlalu tinggi atau terlalu rendah, tanaman tidak akan bisa menyerap nutrisi dalam hal ini adalah pupuk ab mix yang kita larutkan ke dalam air. Alat ukur yang kedua adalah TDS meter, TDS meter ini dibutuhkan untuk melihat kadar nutrisi yang terlarut dalam air. Setiap tanaman memiliki karakteristik sendiri – sendiri, membutuhkan kadar nutrisi tertentu dan berbeda – beda untuk setiap tanaman. Silahkan lihat tabel berikut ini. Dengan alat ukur TDS meter ini, kita bisa membuat nutrisi yang terlarut akan pas untuk kebutuhan tanaman. Sebenarnya ada alat ukur lain, yaitu termometer, tetapi ini jarang diperhatikan oleh penghobi hidroponik, padahal suhu air dan shu lingkungan sekitar tanaman juga penting, karena kalau terlalu panas, tanaman, terutama sayur menjadi layu.

Pertanyaan ketiga, Apakah alat ukur ini wajib dimiliki? Jawabannya Tidak. Memang tidak wajib memiliki alat ini, tetapi jika memiliki alat ukur, akan jauh lebih baik. Tanpa alat ukur, pengamatan bisa dilakukan dengan cara visual, misalnya jika tanaman daunnya agak menguning, itu adalah tanda tanaman kurang nutrisi.

 

kami di sini
28

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *