Aneka jenis Paprika

paprika_aneka

Paprika yang masuk ke dalam kelompok cabai ini memiliki beberapa warna berbeda, yakni ungu, merah, kuning, dan hijau. Adakah perbedaan antara paprika merah, kuning, dan hijau?

Paprika merupakan salah satu keluarga Solanaceae, bersama kentang, tomat dan terong. Paprika berasal dari Amerika Selatan pada tahun 5000 Sebelum Masehi. Berikut ada tiga jenis paprika dan perbedaan dari ketiganya.

Paprika Ungu

Paprika ini memiliki rasa manis, seperti paprika ungu ini rasanya sangat manis, termasuk  jenis paprika yang banyak dicari karena warnanya seperti terong ungu.

Warna buah ungu muda kalausudah matang berubah menjadi ungu gelap, berat paprika sekitar 170 sampai 200 gram dan ukuran buah sekitar 8,3 x 8,5 cm perbuahnya, tinggi tanaman kurang lebih 45 cm dengan pertumbuhan inderterminate.

Benihnya bisa dibeli di sini

Paprika Hijau

Paprika hijau dipanen ketika belum sepenuhnya matang, dan sering diklarifikasikan sebagai paprika mentah dibanding paprika lainnya. Paprika hijau memiliki rasa sedikit pahit dan tidak memiliki rasa manis seperti jenis paprika lainnya. Meskipun dipanen sebelum waktunya, paprika hijau memiliki beberapa nutrisi penting, seperti kalium, vitamin C, dan vitamin A.

Benihnya bisa dibeli di sini

Paprika Merah

Paprika merah dianggap sebagai paprika matang, karena dipetik hingga saat masa panen. Paprika merah memiliki rasa yang manis, hampir seperti buah. Kandungan gizi paprika merah sama seperti paprika hijau. Namun, jumlah gizinya lebih banyak, karena lebih banyak waktu tanam sebelum paprika dipanen.

Selain kandungan nutrisi seperti paprika hijau, paprika merah mengandung lycopene, pigmen antioksidan yang dikenal untuk mencegah beberapa jenis kanker. Zeaxanthin dan lutein juga terdapat dalam paprika merah, yang dikenal membantu mencegah katarak dan degenerasi otot.

Benihnya bisa dibeli di sini

Paprika Kuning

Paprika kuning/oranye dipanen pada tengah masa panen. Rasa paprika ini tidak terlalu pahit seperti paprika hijau, namun juga tidak semanis paprika merah. Walaupun mengandung kandungan nutrisi yang sama seperti paprika merah dan hijau, namun jumlah kandungan gizi paprika kuning/oranye berbeda. Jumlah gizi paprika kuning/oranye lebih banyak dari paprika hijau, namun lebih sedikit dari paprika merah.

Benihnya bisa dibeli di sini

Sama seperti sayuran lainnya, tubuh akan menyerap sebagian besar gizi dalam paprika jika dikonsumsi dalam keadaan mentah, baik paprika merah, kuning/oranye, maupun hijau. Sekarang sudah tahu kan, perbedaan antara paprika ungu, merah, kuning/oranye, dan hijau? Jadi, tinggal Anda mencocokkan paprika mana yang akan digunakan pada hidangan anda.

Untuk jenis – jenis benih paprika atau cabai yang lain, silahkan browse halaman ini

kami di sini
28

Leave a Reply

Your email address will not be published.