Aquaponik dan hidroponik, sama atau beda?

Aquaponik dan hidroponik, sama atau beda?

Semakin hari, semakin banyak inovasi dalam kehidupan kita, tidak berbeda juga dengan cara kita memenuhi kebutuhan hidup, semuanya berkembang sedemikian rupa sehingga semakin maju dan lebih baik.

Dalam pertanian modern, saat ini dikenal istilah aquaponik, sesaat setelah hidroponik berkembang pesat. Banyak yang bertanya, apa aquaponik itu? apa bedanya dengan hidroponik?

Secara prinsip, tidak ada beda antara hidroponik dan aquaponik, bahkan peralatan untuk hidroponik juga bisa dipakai untuk aquaponik. Lalu apa bedanya? bedanya hanya satu, yaitu dalam hal pemberian nutrisi untuk tanaman. Dalam hidroponik, dipakai nutrisi ab mix untuk memberikan “makanan” untuk tanaman, sementara dalam aquaponik, nutrisi bagi tanaman berupa kotoran ikan yang sudah “diolah”.

Ya, aquaponik memang menggabungkan antara kolam ikan dan tanaman dalam satu rangkaian pemeliharaan. Dalam prakteknya, aquaponik akan sedikit lebih sulit karena harus memelihara 2 hal secara bersama – sama dan keduanya harus tumbuh dan berkembang dengan baik.

kami di sini
28

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *