Cabai mahal, mari menanam cabai secara hidroponik

Sesuai berita di Vivanews, Harga cabai rawit pasca Tahun Baru 2017, tembus ke harga Rp100 ribu per kilogram. Itu yang terjadi di pasar tradisional Terong, Makassar.

Menteri Perdangan Enggartiasto Lukita mengatakan, tembusnya harga cabai rawit tersebut tidak menyebar merata di sejumlah daerah dan karena dipengaruhi kecenderungan curah hujan yang tinggi di daerah tersebut.

“Kalau cabe itu (Rp100ribu) cuma di satu tempat. Coba di Manado sama Gorontalo cabai rawit cuma Rp28 ribu cabe merah Rp33.500 pasar Manado di Gorontalo juga segitu. Kenapa itu terjadi di Gorontalo, curah hujannya kecil. Kalau hujan petani tidak mau potong langsung busuk,” ujar Enggar di Kementerian Perdagangan Jakarta pada Rabu, 4 Januari 2016.

Kemudian, ia menyarankan masyarakat untuk mulai menanam cabai di rumah masing-masing untuk menangani keterbatasan ketersediaan. Selain itu, dirinya mengajak masyarakat untuk dapat mulai mengonsumsi jenis cabai kering sebagai altertanaman-hidroponik-cabenatif dari cabai segar.

Sejalan dengan saran menteri perdagangan tersebut, marilah kita mulai memproduksi kebutuhan kita sendiri, khususnya cabai. Jika anda tidak memiliki lahan, ada baiknya mencoba cabai secara hidroponik, karena dengan metode hidroponik, lahan sempit, bahkan di teras rumah bisa menanam secara hidroponik.

metode yang paling umum dalam menanam cabai hidroponik adalah menggunakan sistem drip, yaitu air yang menetes ke akar tanaman (lihat gambar). Metode drip ini sangat cocok bukan hanya untuk cabai, tetapi berbagai jenis tanaman buah lainnya, misalnya tomat, semangka, melon, terong dan berbagai jenis buah lainnya.

Mungkin sebagian di antara pembaca yang bertanya, sulitkah membuat instalasi drip sistem? Secara umum cukup mudah, hanya dengan melihat foto dan penjelasan cara kerjanya, pembaca akan langsung bisa membuat instalasi drip system ini.

Tetapi jika tidak memiliki waktu atau khawatir gagal dalam pembuatan instalasi ini, kami menyediakan instalasi drip system ini dalam bentuk paket jadi, paket jadi ini menggunakan model bongkar pasang yang sangat mudah perakitannya, dilengkapi petunjuk bergambar. Paket drip system ini bernama paket dutch bucket isi 5 box. Sesuai namanya, anda bisa menanam sampai 5 tanaman sekaligus. Silahkan lihat deskripsi dan foto paket di link berikut.

Anda juga bisa membeli peralatan tidak dalam bentuk paket, anda bisa membeli satuan sesuai desain dan kebutuhan anda. Silahkan browse produk – produk hidroponik di link berikut.

Selamat menanam…….

 

 

kami di sini
28

Leave a Reply

Your email address will not be published.