Cara membuat Pekatan Nutrisi AB Mix

Pekatan ab mix atau biasa disebut ab mix cair, berasal dari ab mix bubuk yang dilarutkan dalam air. Sebenarnya dalam kemasan AB Mix sudah disertakan petunjuk pembuatan pekatan, tetapi masih banyak yang ragu, apakah benar apa yang saya lakukan.
Berikut diberikan gambaran step by step membuat pekatan ab mix cair.ab_mix_semai_kecil
Alat dan Bahan:

  • Nutrisi Hidroponik AB Mix Kemasan 250gram.
  • 2 buah botol 500 mL, jika tidak ada diganti dengan botol air mineral 600 ml.

Langkah – langkah:

  1. Tuangkan air bersih ke dalam masing-masing botol, masing-masing sebanyak 400 mL. Jika menggunakan botol air mineral 600ml, isi sampai kira-kira 2/3 tinggi botol.
  2. Masukkan serbuk A dan B ke dalam masing-masing botol. berikut bungkus kecil di dalam masing-masing bungkus. Tutup masing-masing botol tersebut dan kocok sampai benar – benar larut (tidak ada endapan).
  3. Nutrisi sudah untuk diaplikasikan ke instalasi hidroponik atau bisa disimpan di ruangan yang tidak terpapar sinar matahari langsung.

Untuk pemakaian ke tanaman, cukup ambil nutrisi dengan perbandingan: 5ml larutan A, 5ml larutan B dan 1 liter air. Jika memiliki TDS meter, bisa dipakai agar kepekatan cairan tepat seperti diharapkan.
Jika kepekatan kurang, bisa ditambah dengan larutan A dan larutan B dengan perbandingan sama (1:1) sampai angka TDS sesuai yang diharapkan. Jika terlalu pekat, bisa ditambah air agar kepekatannya berkurang.

kami di sini
28

Leave a Reply

Your email address will not be published.