Cara menggunakan TDS Meter

TDS singkatan dari Total Dissolve Solid yaitu ukuran zat terlarut (baik itu zat organic maupun anorganic, mis : garam, dll) yang terdapat pada sebuah larutan. Besarnya TDS ini akan menunjukkan kualitas air, sehingga TDS meter bukan hanya digunakan dalam hidroponik, tetapi digunakan juga dalam banyak kebutuhan terkait kualitas air, misalnya air minum, air kolam, atau dalam industri makanan atau minuman.
Khusus dalam hidroponik/aquaponik, TDS ini digunakan untuk mengukur kepekatan nutrisi dalam air. Seperti kita ketahui, tanaman tertentu membutuhkan kepekatan nutrisi tertentu, jika kita bisa memenuhi angka TDS tersebut, maka pertumbuhan tanatds_meter2man bisa optimal.

Untuk menggunakan TDS meter, tidak lah terlalu sulit. Berikut petunjuknya:

  1. Buka tutup bawah dari TDS meter, tutup bawah TDS meter ini juga merupakan batas paling atas dari posisi TDS ketika dicelupkan ke air. Atau dengan kata lain, TDS meter tidak boleh dicelupkan ke air melebihi garis tutup TDS meter.
  2. Tekan tombol ON / OFF sampai TDS menunjukkan angka 000 atau 0000 (TDS EC meter)
  3. Celupkan TDS meter sampai batas (lihat nomor 1 di atas)
  4. Baca nilai penunjukannya.
  5. Untuk mempertahankan nilai penunjukan TDS meter ketika TDS meter diangkat dari air, tekan tombol Hold.
  6. Selesai.

Jika sudah selesai digunakan, sebaiknya bilas TDS meter pada bagian yang dicelup sebelumnya dengan air bersih, lalu bersihkan air yang tersisa dengan kain lap atau tisu sampai kering. Tutup TDS meter dan simpan ditempat yang sejuk dan aman

kami di sini
28

Leave a Reply

Your email address will not be published.