Informasi tentang pH

Daya serap tanaman sangat dipengaruhi oleh tingkat keasaman (pH) larutan nutrisi. Jadi, sebanyak apapun gizi yang diberikan, jika tidak dapat diserap oleh tanaman karena pH tidak sesuai, maka tanaman akan menunjukkan gejala kekurangan nutrisi. Tanaman akan menyerap unsur hara nutrisi dgn baik jika pH air untuk hidroponik dalam lingkungan 5,5 – 6,5.

Apa itu pH?
pH (power of Hidrogen) adalah ukuran kadar keasaman/basa (alkaline) suatu larutan dengan menghitung konsentrat ion hidrogen pada lauran itu. air disebut asam bila kurang dari 7, pH air disebut basa ( alkaline) bila lebih dari 7 dan pH air disebut netral bila ph sama dengan 7.

Pengaruh pH pada tanaman dan nutrisi:

  • Dapat mempengaruhi ketersediaan nutrisi.
  • Dapat mempengaruhi daya serap akar terhadap nutrisi.
  • pH diatas 7,5 berpengaruh terhadap berkurangnya ketersediaan zat besi (Fe), mangan (Mn), tembaga (Cu), zink (Ze) dan boron (Bo).
  • pH dibawah 6,0 menyebabkan turunnya daya larut asam fosfat, kalsium (Ca), dan magnesium (Mg).
  • pH antara 3-5 mempercepat perkembangan penyakit yang disebabkan oleh jamur, salah satunya busuk akar.

Range pH yang diijinkan untuk larutan nutrisi hidroponik adalah antara 5,5 – 6,5, dibawah atau diatas range pH ini biasanya akan ada masalah pada larutan nutrisi hidroponik. Biasanya terjadi endapan pada larutan nutrisi yang akan berakibat pada defisiensi kebutuhan unsur hara tanaman.

Untuk cek pH sistem hidroponik, bisa menggunakan pH meter yang banyak tersedia di pasaran

kami di sini
28

Leave a Reply

Your email address will not be published.