Kalibrasi TDS Meter

Kalibrasi TDS Meter

Kalibrasi TDS meter? Alat pengukur PPM nutrisi hidroponik yang kita gunakan biasanya sudah siap pakai, tidak perlu kalibrasi. Lain halnya dengan pH meter yang harus dikalibrasi sebelum dipakai.

Jika anda pernah melakukan kalibrasi pH meter, anda tidak akan kesulitan ketika melakukan kalibrasi untuk TDS  meter. Caranya nyaris sama, bedanya hanya terletak pada penambahan/pengurangan angka saja. Pada pH meter dilakukan dengan memakai bantuan obeng yang sudah disediakan.

 

Cara Kalibrasi TDS Meter

Sebelumnya dari mana Anda tahu bahwa TDS meter Anda harus dikalibrasi? Bagi yang memiliki 2 alat TDS meter tentu mudah, keharusan untuk melakukan kalibrasi terjadi ketika kedua alat ukur tersebut tidak menunjukkan hasil yang sama ketika digunakan untuk mengukur larutan nutrisi ab mix.

Bagi Anda yang hanya memiliki 1 alat ukur, bagaimana Anda tahu kalau TDS meter Anda harus dikalibrasi? Anda perlu melakukan jika anda sendiri tidak yakin dengan hasil pengukuran TDS meter yang anda miliki

  1. Anda harus memiliki cairan kalibrasi khusus untuk kalibrasi TDS EC Meter.  Beli di sini jika belum memiliki
  2. Nyalakan alat TDS meter yang akan dikalibrasi dan celupkan ke dalam botol yang berisi cairan/larutan kalibrasi.
  3. Tekan dan tahan  tombol TEMP. Tunggu sampai angka di layar digital tidak berkedip. Kemudian lihat angkanya apakah sudah sama dengan angka yang tertera pada botol/kemasan cairan kalibrasi?
  4. Bila angka pada TDS meter Anda berada di bawah angka kalibrasi, tekan tombol TEMP untuk menyamakan angkanya.
  5. Bila angka pada TDS EC meter Anda lebih besar dari angka kalibrasi, maka tekan tombol HOLD untuk menyamakan angkanya.
  6. Jika angka sudah sama dengan angka kalibrasi, tekan dan tahan tombol TEMP lagi sampai angka tidak berkedip.
  7. Ukur lagi cairan kalibrasinya, pastikan angkanya akurat. Bila angkanya sama berarti kalibrasi telah selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *