Menanam kangkung di baskom, mudahkah?

Menanam kangkung di baskom, mudahkah?

Ada foto kiriman dari penghobi hidroponik, seperti terlihat di samping. Keluhannya adalah ketika menanam sayur kangkung di baskom, kenapa tidak sebagus seperti di foto – foto yang

tersebar di internet? Kekurangannya apa ya? Gemes saya ….. begitulah kira-kira chatnya dengan kami.

Dari foto di samping (yang dikirim tersebut), paling tidak ada 2 hal yang kemungkinan besar menjadi biang kerok, kenapa kangkung yang ditanam ala “hidroponik” ini menjadi kurang memuaskan hasilnya.

Pertama, nutrisi

Nutrisi ab mix menjadi kemungkinan pertama yang menjadi penyebabnya, ketiadaan TDS meter membuat kita tidak bisa memastikan berapa ppm larutan nutrisinya, kemungkinan kangkung ini tumbuh dalam lingkungan yang kurang nutrisi, dari kurusnya tanaman kita bisa menduga kekurangan nutrisi.

Salah satunya solusinya adalah dengan menambah nutrisi, tidak usah terlalu banyak, sambil dilihat perkembangan tanaman,

Kedua, Sinar matahari

Kemungkinan kurangnya sinar matahari (simat) juga bisa menjadi penyebab, bisi dilihat dari tampilan di foto tersebut,  baskom di letakkan di sudut bangunan yang kemungkinan besar minim sinar matahari. Mestinya bisa di tempatkan yang agak jauh dari tembok, jadi kemungkinan terkena simat lebih besar.

indikasi kedua adalah panjang-panjangnya batang kangkung, panjangnya batang kangkung ini karena kangkung berusaha untuk mendapatkan simat secara cukup, sehingga tubuhnya memanjang.

Solusinya adalah dengan merubah / menggeser tempat (baskom) ini ke tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jika memiliki dana cukup, bisa membeli lampu grow light agar sedikit membantu menambah paparan sinar matahari.

 

Jadi, kesimpulannya adalah ?

Kesimpulannya adalah menanam kangkung di baskom tentu sangat mudah, tetapi tanpa kita mencoba hanya akan menjadi ilmu yang tidak berguna. Harus berani mencoba, langkah pertama kurang memuaskan adalah hal wajar, bisa kita perbaiki di langkah kedua, di penanaman berikutnya.

kami di sini
28

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *