Menanam Sayuran Sehat dengan Hidroponik

Kesadaran masyarakat akan kesehatan sudah mulai meningkat, salah satu efeknya bisa dilihat dari banyaknya gerai sayuran organik di berbagai supermarket.Tetapi membeli sayuran organik harus merogoh kocek cukup dalam. Dari situ, mengapa kita tidak berpikir untuk menanam sendiri saja sayuran tersebut?

Hidroponik tentu akan sengat mudah menjawab persoalan tersebut. Dengan lahan, perawatan dan biaya minim, kita akan mendapatkan manfaat yang luar biasa. Ada banyak sekali ragam sayuran yang bisa ditanam secara hidroponik.sawimustika

 

Sayuran Berdaun Hijau
Ya..berbagai macam jenis sayuran berdaun hijau dapat kita tanam dengan sistem hidroponik diantaranya adalah kangkung, bayam, sawi, pakcoy, dan sebagainya. Hal yang harus diperhatikan dalam menanam sayuran jenis ini adalah tingkat pertumbuhan tanaman. Usahakan agar sayuran tumbuhnya tidak terlalu besar sehingga tidak mengganggu sirkulasi udara pada media hidroponik. Lama pemanenan terbilang cepat, kita hanya membutuhkan waktu 26-29 hari tanam , sayuran sudah bisa diolah. Jika lebih dari 29 hari tidak di panen, bisa menyebabkan rasa pahit pada sayuran.

Kangkung dan Bayambayam

Kangkung dan bayam adalah sayuran yang paling mudah ditanam, termasuk dalam sistem hidroponik. usia panen juga relatif cepat, 3-4 minggu sudah bisa panen, sehingga bisa anda rasakan manfaatnya secara langsung. Ketahanan terhadap penyakit juga keunggulan kangkung dan bayam ini, sehingga tidak membutuhkan perawatan yang intensif.

Selada
Daun selada merupakan salah satu tanaman selada dengan perawatan cukup mudah untuk di tanam dengan sistem hidroponik. Tanaman ini akan mulai tumbuh beberapa helai daun hanya dalam waktu kurang dari dua minggu setelah persemaian. Setelah itu selada dapat dipindahkan ke media tanam utama untuk di aliri air dan larutan nutrisi agar pertumbuhannya cepat.

Mentimun Jepang
Sayuran hidroponik populer lainnya adalah mentimun. Akan tetapi sayuran satu ini membutuhkan sedikit perhatian ekstra dalam penanamannya. Mentimun merupakan tanaman yatimun jepangng rakus air, sehingga kita diharuskan untuk beberapa kalai menambah pasokan air dan nutrisi pada tanaman ini. Pastikan air nutrisi tidak terkena sinar matahari. 30 hari setelah penanaman, timun akan mulai berbunga dan berbuah.

Selain sayuran hidroponik dengan media tanam utama air di atas, ada beberapa sayuran yang bisa di tanam secara hidroponik dengan media sekan atau serbuk sabut kelapa (cocopeat) ditambah kerikil pasir. Tanaman yang sesuai dengan media sekam antara lain paprika, cabai, terong jepang, serta buah-buahan lain seperti melon dan semangka.

kami di sini
28

Leave a Reply

Your email address will not be published.