Mengganti Air Nutrisi Hidroponik

Mengganti Air Nutrisi Hidroponik

Ada banyak pertanyaan tentang “kapan saatnya mengganti air nutrisi hidroponik?” Apalah 1 minggu sekali, 1 bulan sekali atau beberapa bulan sekali?contoh-hidroponik
Dari pengalaman teman – teman penghobi hidroponik, hal tersebut tidak bisa dipastikan, berapa lama harus mengganti air nutrisi, hal ini tergantung banyak hal, mulai jenis tanaman, kondisi lingkungan sekitar, keadaan air sebelum dipakai, dan sebagainya.

tetapi tips ini bisa sedikit membantu,

Bagi yang memiliki alat ukur

Bagi yang memiliki alat ukur, ph meter, tds/tds ec meter, tentu akan sangat mudah melakukannya. Jika diukur ph nya sudah tinggi atau tds / ec nya juga cukup tinggi, maka perlu diberikan treatment agar ph atau tds/ec nya turun, tetapi jika treatment “seperti biasa” tidak bisa dilakukan, maka sudah waktunya air nutrisi ini diganti dengan yang baru.

Bagi yang tidak memiliki alat ukur

Bagi yang tidak memiliki alat ukur, tentu agak sulit melakukannya, biasanya berdasarkan kira-kira saja. Jika warna air mulai berubah, misalnya dari jernih menjadi keruh, bahkan sangat keruh, maka air nutrisi perlu diganti. Atau melihat pertumbuhan tanaman yang tidak maksimal, bisa jadi faktor utamanya adalah kondisi air nutrisi yang kurang baik, oleh karena itu air nutrisi harus segera diganti.

Sebagian besar penghobi hidroponik, akan mengganti air nutrisi sesaat setelah panen (dan membersihkan tempatnya), hal ini untuk menghindari hal buruk terjadi pada tanaman baru sebagai akibat dari sisa tanaman lama.

Demikian sedikit tips, semoga bisa membantu.

 

 

kami di sini
28
6 Responses
  1. Pak, perihal akuaponik apakah semua kebutuhan unsur hara tanaman sudah tercukupi dengan mengubah amonia menjadi nitrit nitrat, atau ada yang kurang dan harus diakalin dengan cara tertentu? Mohon pencerahannya.

    1. untuk aquaponik, kebetulan kami tidak terlalu paham, tetapi sejauh kami ketahui, tidak hanya satu enzim/hormon yang digunakan, sehingga didapatkan nutrisi yang lengkap untuk tanaman

  2. Selamat siang,, untuk tanaman yg menggunakan media rockwool apa harus disirami air juga pada tanaman ny??? Kalau ya brp x disiram setiap hari ny…??? Atau hanya mengandalkan air nutrisi saja yg terdapat pd wadah??? Saya bru mau coba dgn media rockwool soalnya,, terimakasih

    1. air di instalasi hidroponik terpusat di bak air, jadi tidak perlu menambah air dari tempat lain, kecuali air di bak berkurang karena menguap atau sebab lain

  3. maaf pak.. kalau hydroponik yg menggunakan paralon dialiri airnya setiap saat yah? beloh airnya tergenang di paralon??

    1. iya, betul. tetapi ada yang menggunakan timer sehingga tidak selalu mengalir setiap saat, tetapi mengalir berkala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *