Pentingnya memilih benih

Pentingnya memilih benih

Selain digolongkan berdasarkan pemanfaatan bagiannya, Anda juga perlu mengetahui kategori tanaman berdasarkan tempat tumbuhnya, karena tentunya dengan tempat yang tepat, pertumbuhan tanaman akan lebih optimal. Ketinggian adalah hal yang paling mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Beberapa tanaman cocok ditanam di dataran tinggi, sementara akan layu dan kurang berkembang jika ditanam di dataran rendah, atau sebaliknya. Pengelompokan tanaman  berdasarkan tempat tumbuhnya dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

1. Tanaman Dataran Tinggi
Dapat tumbuh baik di daerah di atas ketinggian 600 mdpl yang biasanya memiliki iklim lembab dengan curah hujan cukup tinggi. Beberapa jenis sayuran dataran tinggi antara lain buncis, wortel, kapri, kentang, kol, selada dan beberapa jenis tanaman yang lain.

2. Tanaman Dataran Rendah
Berkebalikan dengan sayuran pada dataran tinggi, ada pula jenis sayuran yang justru lebih baik ditanam di dataran rendah pada ketinggian 0-600 mdpl, seperti misalnya kangkung, bayam, terong, kecipir, dan kacang panjang. Jenis sayuran ini membutuhkan cukup sinar matahari sehingga bisa tumbuh secara optimal.

3. Tanaman Bisa Tumbuh Dimanapun
Beberapa jenis sayuran lainnya ternyata juga bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Biasanya untuk kategori ini, satu tanaman memiliki 2 spesies berbeda sehingga yang satu lebih baik ditumbuhkan di dataran rendah, dan lainnya lebih baik ditanam pada dataran tinggi. Contohnya adalah buah tomat yang terdiri dari banyak sekali varietas.

Oleh karena itu, jika memilih benih tanaman, silahkan perhatikan lokasi tempat benih ini akan ditanam. Apakah di dataran rendah, menengah atau tinggi. Hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Sebenarnya, lewat hidroponik, kita bisa merekayasa kondisi ini agar seolah – olah sesuai dengan kondisi ketinggian lingkungan, misalnya Selada yang rata-rata bagus ditanam di dataran tinggi, kita rekayasa agar bisa ditanam di dataran rendah, misalnya dengan menanam di Green House, suhu green house di sesuaikan dengan dataran tinggi, jika perlu diberi kipas angin agar bisa meniru kondisi di dataran tinggi. Tetapi ini akan menimbulkan biaya tersendiri.

kami di sini
28

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *