Posisi benih ketika semai

Ada beberapa orang yang mengabaikan bagaimana letak benih di dalam rockwool ketika melakukan persemaian. Padahal letak atau posisi benih ini cukup penting agar tanaman bisa tumbuh dengan maksimal.

Foto berikut ini adalah contoh letak benih yang kurang pas ketika menempatkan di dalam rockwool. Lihat yang dilingkari warna merah. Bandingkan dengan tanaman di sebelahnya yang tidak dilingkari.

Yang dilingkari merah, ketika memasukkan benih kurang dalam, sehingga tanaman yang tumbuh menjadi seolah – olah ada di atas rockwool. Tanaman tidak kokoh karena karena akarnya tidak masuk ke dalam rockwool. Hal ini juga bisa terjadi ketika “mata benih” tidak menghadap ke bawah, sehingga akar yang keluar dari mata benih malah naik ke atas, hal seperti ini akan nampak jelas sekali ketika kita menanam benih yang ukurannya cukup besar, misalnya benih kangkung.

Lalu bagaimana posisi yang benar?

  1. jika bisa melihat/menentukan letak “mata benih”, maka usahakan mata benih menghadap ke bawah.
  2. Masukkan benih ke dalam rockwool sampai hanya kelihatan samar – samar, tenggelam ke dalam rockwool tetapi tidak sampai tertutup penuh oleh rockwool, bahasa orang jawanya “untup untup”
kami di sini
28

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *