Proyek Pembuatan NFT hidroponik

Proyek Pembuatan NFT hidroponik

Berikut ini kami berikan gambaran rincian biaya dan bahan pembuatan sebuah instalasi NFT hidroponik, bukan sebuah instalasi yang besar, tetapi ini bisa dijadikan referensi bagi siapa saja yang ingin memulai hidroponik sistem NFT. Terutama dalam hal persiapan biaya dan bahan. Untuk biaya, tentu saja akan relatif tergantung lokasi dan ketersediaan bahan.

Objective / target:
Pembuatan media hidroponik 78 lubang dengan 2 susun. Panjang total instalasi 2,6 meter, lebar 70 cm, tinggi 1,5 meter.

Alat:

  • Gergaji besi
  • Mesin bor
  • Hole saw kit
  • Meteran

Bahan dan biaya:

NO Bahan Jumlah Harga Satuan Total
1 Pipa PVC 3″ 3     50.000    150.000
2 Pipa PVC 1″ 4     30.000    120.000
3 Knee L 1″ 21          3.000      63.000
4 Knee L 3″ 1    6.000         6.000
5 Overloop 3″-> 1″ 11    7.500      82.500
6 Knee T 1″ 24                       3.000      72.000
7 Pipa PVC 5/8 “ 1                    10.000      10.000
8 Knee L 5/8″ 4                          300         1.200
9 Pompa 1,5m 1                  100.000    100.000
10 Bak/timba 1                    40.000      40.000
11 Lem PVC 1                       8.000         8.000
12 Ongkos Tukang 1                  100.000    100.000
 TOTAL BIAYA    752.700

Hasil:

NFT_rumah_edited

 

Catatan:

Biaya belum termasuk biaya pembelian netpot (78 buah), benih sayur, pupuk ab mix, rockwool dan peralatan habis pakai lainnya.

kami di sini
28
11 Responses
  1. bagus bagus mau dong….kalau di bangka ada gak atau cocok gak….?

    1. saya belum tahu, di bangka bagaimana. Mestinya cocok lah untuk hidroponik. Bisa dicoba.

  2. […] Teknologi hidroponik bisa menjadi alternatif. Berbagai jenis sayuran dengan mudah bisa ditanam secara hidroponik, untuk sarananya bisa menggunakan paralon. Hidroponik dengan cara ini dapat diterapkan oleh siapa saja karena sangat mudah. Tanaman dapat ditempatkan dimana saja, yang penting pada saat hujan tanaman tidak kehujanan. Kalau kehujanan larutan nutrisi akan menjadi lebih encer dari yang seharusnya. […]

  3. Harga lengkap berapa??sudah termasuk pot dan rockwool dll??mohon konfirmasi

    1. Mohon hubungi kami di whatsapp atau bbm untuk informasi lebih lanjut

  4. saya baru mau belajar hidroponik…saya tertarik banget nih Mas, total biaya lengkap atau ada brosur yang lain ada tidak, sekaluan ongkos kirimnya ya…..terimakasih..

  5. Maaf saya agak gaptek, mau nanya bener alamatnya di mojokerto? Desa kemantren? Dimana itu? Bisa nggak datang kesana utk melihat langsung?

  6. meskipun telat, tapi saya pingin belajar hidroponik. kalo boleh tahu berapa harganya sampai nganjuk (jawa timur).
    tolong infonya ya……….

    1. tergantung yang anda beli. Silahkan langsung pilih produk, nanti akan otomatis ada total yang harus dibayar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *