Sawi saya koq tidak besar – besar?

Judul di atas adalah pertanyaan dari seorang ibu muda yang mulai menanam ala hidroponik. Tanaman sawi ibu tersebut sudah berumur lebih dari 1 bulan, tetapi masih kecil – kecil, bahkan nyaris sama besarnya ketika masih berumur 2 minggu, sehingga menimbulkan pertanyaan, “koq gak bisa besar sawiku?sawi

Setelah melalui percakapan yang agak panjang, ibu tersebut menyampaikan kondisi tanamannya. Tanaman tersebut sering kena hujan karena tidak menggunakan atap. Sebenarnya tidak ada masalah ketika tanaman terkena hujan, kondisi alamiah sawi memang sering terkena hujan. tetapi yang menjadi masalah adalah bak nutrisi yang berisi air nutrisi sama sekali tidak boleh terkena atau tercampur air hujan.

Air nutrisi yang tercampur air hujan, apalagi airnya sampai tumpah, menyebabkan ppm nutrisi menjadi berkurang, bahkan menurun drastis jika hujannya berlangsung cukup lama. Nutrisi akan terbuang bersama air hujan. Solusi terbaik adalah menutup instalasi hidroponik dengan atap dari plastik UV, sehingga tanaman dan nutrisi terlindung. Jika tidak memberi atap tanaman, maka yang bisa dilakukan adalah menutup bak nutrisi sedemikian sehingga jika terjadi hujan, air hujan tidak sampai masuk bak nutrisi.

Kembali ke tanaman yang tidak tumbuh tadi, Jelas sekali penyebabnya bahwa tanaman tersebut tidak bisa tumbuh karena kekurangan nutrisi, mungkin ibu tadi merasa sudah memberi nutrisi yang cukup, tetapi nutrisi ini terbuang bersama air hujan, sehingga di bak air hanya berisi air tanpa nutrisi. Jika memiliki TDS meter, bisa dilakukan tes kandungan nutrisi secara berkala. Tanaman tanpa nutrisi sama seperti manusia setiap hari diberi minum saja tanpa ada makanan, pertumbuhannya akan terganggu.

Itu lah sedikit tips hidroponik yang bisa kami bagikan hari ini, jika ada pertanyaan atau membutuhkan diskusi, dengan senang hati kami akan melayani, silahkan hubungi kami.

kami di sini
28

Leave a Reply

Your email address will not be published.