Kenapa di awal semai harus ditutup?

Dari beberapa tutorial semai benih yang tersebar di internet, rata – rata mengharuskan benih untuk ditutup dengan kain/plastik gelap ketika pertama kali benih disemai. Ada pertanyaan kritis dari pelanggan hidroponik, Kenapa harus ditutup? Apakah semai langsung di instalasi NFT apa tidak bisa? agar tidak perlu memindah – mindah benih dan biar hemat tempat, tidak membutuhkan seed tray.semai

Sebenarnya, semaian tidak selalu harus ditutup ketika pertama kali, tetapi ada tujuan tertentu kenapa semaian perlu ditutup. Pertama, agar benih tidak mendapatkan gangguan dari hewan – hewan, misalnya semut atau serangga lainnya. Yang kedua, agar benih tidak sampai kering karena terkena panas lingkungan sekitar.

Apalagi jika semai langsung di instalasi NFT, pasti benih akan langsung terkena sinar matahari, hal ini beresiko untuk rusaknya benih sebelum tumbuh. Dengan semai di tempat “lain” yang lebih teduh, diharapkan benih akan tumbuh secara maksimal, sesudah beberapa hari baru bisa dikenalkan dengan sinar matahari.

kami di sini
28

Leave a Reply

Your email address will not be published.