Cahaya Buatan untuk Mengatasi Kekurangan Sinar Matahari

Cahaya Buatan untuk Mengatasi Kekurangan Sinar Matahari

Di dalam rumah cahaya buatan dapat menggantikan cahaya siang hari dan memungkinkan kita menanam tumbuhan berdaun dan berbunga sekaligus berbuah di tempat yang biasanya tak dapat dihuni tumbuhan. Hal ini memberi kesempatan berkebun di tempat-tempat yang tak memperoleh sinar matahari langsung, seperti di rumah, di gedung-gedung bertingkat.growlight

Cahaya buatan ini diperoleh dari lampu LED yang didesain khusus agar memenuhi kebutuhan tanaman akan sinar matahari. Lampu ini biasa disebut sebagai lampu grow Light.

Warna Cahaya

Menurut hasil penelitian, cahaya putih atau cahaya siang, merupakan antara segala warna pelangi dalam jajaran cahaya kasat mata, yaitu ungu, biru, hijau, kuning, jingga dan merah. Menurut penelitian di Beltsville, tanaman secara fisologis tidak bereaksi terhadap warna hijau, kuning, dan jingga. Namun memerlukan gelombang cahaya jajaran ungu terung (ungu kebiru-biruan) untuk tumbuh dan berfotosintesa, serta jajaran merah untuk berbunga.

Gelombang pokok ketiga ialah infra merah yang merupakan bagian spektrumnya yang hampir tampak. Gelombang ini terikat pada daur perbungaan melalui cara yang belum dipahami oleh dunia ilmu.

Anda berminat dengan lampu LED Grow light ini? silahkan klik disini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *