Tentang Paranet

Tentang Paranet

Paranet atau biasa disebut shadingnet  adalah jala plastik yang biasa dipakai untuk memberi naungan bagi tanaman budidaya. Paranet dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima tanaman serta juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Tanaman yang di tempatkan di bawah paranet biasanya merupakan tanaman yang baru mengalami stres atau secara budidaya memerlukan intensitas cahaya yang rendah. Paranet juga bisa di buat shading house sebagai pengganti rumah kaca.

Shading house atau rumah naungan mudah dibuat, tidak memiliki atap khusus, tidak memerlukan dinding serta yang pasti tidak membutuhkan biaya tinggi. Bahan untuk membuat shading house ini umumnya menggunakan net atau jaring paranet. Net ini memiliki beberapa nama lain seperti paranet, agronet, multinet, polynet serta lain-lain, namun paranet merupakan nama dagang yang paling populer.

Kegunaan Paranet
Paranet bagi pembudidaya tanaman memiliki banyak manfaat antara lain::

  • Menaungi serta menahan sinar matahari agar tidak melukai tanaman.
    Dengan memakai paranet, sinar matahari yang menyinari lahan atau tanaman dapat di atur sesuai kebutuhan. Beberapa jenis tanaman tidak menyukai sinar matahari yang berlebihan. Karena bisa melukai tanaman tersebut. Contohnya yaitu tanaman anggrek, anggrek biasanya hanya membutuhkan sinar matahari dalam jumlah sedikit, yakni antara 20% sampai 30% saja, jika lebih maka bunga tanaman anggrek akan kering dan kusam.
  • Paranet dapat mengontrol serta mengurangi sinar matahari ke lahan atau tanaman.
    Dengan kerapatan yang beragam, paranet dapat dipilih sesuai kebutuhan. Kerapatan paranet menunjukan berapa persen sinar matahari yang dapat dihalau oleh paranet. Misalnya paranet dengan kerapatan 75%, artinya sebanyak 75% sinar matahari dapat dihalau agar tidak sampai ke tanaman, maka hanya 25% sinar matahari yang sampai ke tanaman.
  • Membantu menahan air hujan serta terpaan angin.
    Dengan kerapatannya, paranet dapat memecah butiran hujan serta membagi terpaan angin yang berhembus. Butiran hujan yang jatuh dari langit memiliki tekanan tinggi, jika hujan ini langsung mengenai tanaman atau tanah, maka tanah akan terkikis serta dapat merusak daun tanaman. Dengan memakai paranet, hujan yang turun akan terpecah menjadi butiran kecil serta menurunkan tekanannya, sehingga aman bagi tanaman maupun lahan. Hal serupa juga terjadi pada angin.
  • Mengontrol ventilasi udara serta temperatur.
    Meskipun udara dihalangi dengan paranet, namun udara tersebut tetap dapat melewati paranet namun dengan tekanan yang rendah. Itu berarti bahwa paranet tetap mempertahankan sirkulasi udara ke tanaman serta lahan dengan baik. Sehingga suhu serta udara tetap terjaga agar tidak terlalu tinggi/panas.
  • Melindungi tanaman dari serangan burung atau hama pengganggu.
    Paranet mampu melindungi tanaman anda dari serangan hama serta burung. Hama seperti burung belalang serta lain sebagainya pasti akan kesulitan menyerang tanaman Anda. Ini dikarenakan paranet yang memiliki lubang kecil, sehingga hama tersebut kesulitan masuk serta tidak akan bisa menyerang tanaman Anda.

 

Jika anda membutuhkan paranet, silahkan klik di sini, atau jika membutuhkan jumlah yang besar atau membutuhkan informasi lebih lanjut, hubungi kami

kami di sini
28

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *