Tips tanaman hidroponik agar masih sehat dan segar selama di tinggal mudik

Tips tanaman hidroponik agar masih sehat dan segar selama di tinggal mudik

Memelihara tanaman hidroponik memang mengasyikkan, tetapi seringkali menjadi masalah jika tanaman ini akan ditinggal dalam jangka waktu yang lama. Misalnya saat kita akan mudik, paling tidak tanaman ini kita tinggal selama 4-10 hari.
Apa saja yang harus diperhatikan selama tanaman kita tinggal beberapa lama? Berikut sedikit tips yang bisa kami bagikan, tips ini merupakan pengalaman dari beberapa orang sesama penghobi hidroponik.

1. Air dan nutrisi

Air dan nutrisi ini adalah hal paling penting yang harus kita perhatikan, karena menyangkut kelangsungan hidup tanaman. Pastikan bahwa air di tandon masih akan cukup tersedia selama beberapa hari kita tinggal. Lebih baik memberikan air secara penuh di tandon untuk mengantisipasi berkurangnya air selama beberapa hari. Termasuk juga nutrisinya.

2. Kondisi instalasi hidroponik

Pastikan kondisi instalasi dan peralatan hidroponik kita dalam kondisi sempurna, tidak ada kebocoran sedikitpun dan tidak ada saluran yang tersumbat satupun. Hal ini untuk memasikan aliran air dan nutrisi tetap lancar selama ditinggal mudik. Gunakan timer untuk menyalakan atau mematikan pompa secara otomatis pada jam – jam tertentu.

3. Perhatikan perkiraan cuaca

Cuaca dalam beberapa hari ke depan perlu diantisipasi, jika cuaca diperkirakan hujan, maka pastikan air nutrisi di dalam tandon tidak bercampur dengan air hujan, jika instalasi hidroponik berada di dalam green house, masalah cuaca bisa teratasi dengan baik.

4. Gangguan lain – lain

Pastikan juga tidak terjadi gangguan yang sifatnya dari luar, misalnya serangga, kucing, anjing, tikus dan hewan pengganggu lainnya. Karena hewan – hewan ini bisa memporak porandakan instalasi hidroponik yang kita miliki. Anda bisa menggunakan alat pengusir serangga yang dijual di toko – toko.
Gangguan lain ini juga bisa berupa listrik mati, orang iseng, jatuhnya benda – benda lain yang mungkin akan menimpa instalasi hidroponik yang kita miliki. Semua harus di antisipasi agar tidak terjadi hal – hal yang tidak kita inginkan selama kita mudik.

Demikian sedikit tips, mudah – mudahan berguna dan membuat nyaman selama tanaman hidroponik yang kita miliki kita tinggal beberapa lama untuk mudik ke kampung halaman.

kami di sini
28

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *